Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata – Andrea Hirata adalah salah satu penulis berbakat yang karya-karyanya selalu menjadi best seller, terutama buku tetraloginya yang dimulai oleh Laskar Pelangi. Kemampuan Andrea Hirata dalam menulis sebuah buku fiksi memang sudah tidak diragukan lagi.

Buku Novel Laskar Pelangi adalah buku pertama Andrea Hirata dalam karangan buku Tetraloginya. Keempat buku tersebut merupakan buku best seller, terutama buku satunya berjudul Laskar Pelangi, sangat Booming saat pertama kali diterbitkan. Sebuah buku fiksi yang bertema tentang Pendidikan di daerah terpencil ini sanggup menarik minat pembaca diseluruh Indonesia. berikut uraian mengenai Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata


Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, Sinopsis Novel Laskar Pelangi


Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata :

1. Identitas Buku 

Judul : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Yogyakarta: Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2005
Genre : Pendidikan, Roman
Jumlah Halaman : xxxiv, 529 halaman
ISBN : ISBN 979-3062-79-7 2.

2. Tokoh-tokoh dalam Novel Laskar Pelangi

- Ikal adalah tokoh utama dalam Buku tersebut
- Lintang; teman sekelas Ikal yang memiliki kecerdasan seperti Einstain.
- Sahara; keras kepala, baik hati, setia kawan.
- Mahar; sangat imajinatif, kreatif, penuh seni.
- A Kiong; baik, namun sedikit aneh.
- Kucai; banyak bicara, susah diatur, dan sangat aktif.
- Borek alias Samson
- Syahdan : anak seorang nelayan yang memiliki tubuh kecil, namun selalu ceria, tukang dempul perahu, pekerja keras, tidak putus asa.
- Trapani; Manja, cerdas.
- Harun; memiliki masalah keterbelakangan mental

3. Latar Belakang Tempat :

Belitong Timur, sekolah SD Muhamadiyah, desa Belitong.

4. Sudut Pandang : 

Sudut pandang orang pertama sebagai aku, dimana si pengarang sendiri merupakan tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi tersebut yang berperan sebagai Ikal.

Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, Sinopsis Novel Laskar Pelangi

5. Sinopsis Buku Laskar Pelangi

Buku Laskar Pelangi ini mengisahkan tentang 10 anak SD yang memiliki semangat belajar tinggi meski dengan segala fasilitas yang terbatas. Persahabatan dan solidaritas yang tinggi terjalin dalam perjalanan hidup mereka. Laskar Pelangi merupakan nama yang diberikan oleh Guru mereka karena ketertrikan mereka akan Pelangi. Kisah 10 anak SD ini berawal dari hampir ditutupnya sekolah Muhamadiyah di Belitong akibat murid yang tidak memenuhi kuota, namun ahirnya mereka berhasil mengumpulkan 10 murid dan mampu mempertahankan sekolah tersebut. Ke 10 murid ini memiliki semangat belajar yang tinggi, serta terdapat potensi-potensi yang luar biasa dari jiwa anak-anak dari kampung terpencil tersebut. Yang mengharukan adalah bagaimana Lintang, seorang anak yang cerdas, harus berjuang untuk bisa mencapai sekolahnya yang jarak tempuhnya sangat jauh, dengan menggunakan sepeda, dia menuju sekolah dengan semangat meski kadang-kadang diperjalanan dia harus berhati-hati terhadap buaya yang siap menerkamnya bila dia melewati sungai tanpa hati-hati. Tidak jarang dia harus menunggu lama saat hujan atau panas terik hanya untuk memastikan tidak ada buaya atau banjir yang akan menghalangi perjalanannya ke sekolah. Kisah 10 anak SD ini berahir dengan wafatnya Ayah Lintang yang merupakan Nelayan, sehingga Lintang terpaksa putus sekolah karena mau tidak mau harus menjadi tumpuan keluarganya (sebagai anak tertua) dia mengurus adik-adiknya.

6. Pelajaran yang dapat dipetik dalam Buku Laskar Pelangi :

- Semanagat belajar yang dimiliki oleh anak-anak Laskar Pelangi patut dicontoh
- Persahabatan dan solidaritas adalah kunci dalam mempertahankan persahabatan yang berkualitas
- Bahwa mimpi dan cita-cita bisa dimiliki oleh siapa saja dan bisa diperjuangkan oleh siapa saja, tidak terkecuali anak-anak kampung dari desa terpencil yang miskin.

7. Kekurangan Buku Laskar Pelangi 

Menurut saya buku ini sangat bagus, tidak ada kekurangan, baik dari tema, penuturan, gaya bahasa, maupun pesan-pesan yang dituangkannya dalam buku tersebut sudah sangat pas bagi pembaca. 8. Kelebihan Buku Laskar Pelangi Buku ini bertema pendidikan yang sudah sangat jarang ditemui. Penuturannya yang santai mudah dipahami, dan tidak membosankan.

Sekian Resensi Buku Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan membakar semangat-semanagt dalam dada kita semua. Terimakasi dan sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates: