Sinopsis Ketika Mas Gagah Pergi


Sinopsis Ketika MasGagah Pergi – Ketika Mas Gagah pergi adalah judul sebuah cerpen karya Helvi Tiana Rosa pada tahun 1993. Cerpen ini cukup popular dan disukai oleh para pembaca sehingga saat ini sedang dirilis sebuah film yang diadopsi dari cerpen tersebut dengan judul yang sama, Ketika Mas Gagah Pergi.

Mimin sendiri sangat menyukai kisah yang dituturkan oleh HTR (Helvy Tiana Rosa) dengan judul ketika Mas Gagah Pergi ini, karenanya mimin ingin menuliskan Sinopsis Ketika Mas Gagah Pergi agar teman-teman pembaca  juga bias menikamati cerita ini dan mimin harap setelah membaca Sinoposis Ketika Mas Gagah Pergi ini teman-teman pembaca mendapatkan pencerahan dan hidayah.

Sinopsis Ketika Mas Gagah Pergi, ringkasan novel ketika mas gagah pergi

Adalah seorang pemuda yang sedang berkuliah di Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia semester 7. Pemuda tersebut bernama Gagah. Dia Ganteng, humoris, fashionable dan sangat baik sehingga adik perempuannya, Gita, sangat bangga memiliki seorang kakak seperti Mas Gagah-nya.

Mas Gagah dan Gita sangat dekat, mereka sering menghabiskan waktu bersama, jalan-jalan, makan, nonton atau sekedar ngobrol bersama dengan teman-temannya Gita. Teman-teman Gita sangat mengagumi mas Gagah dan tak jarang yang ingin menjadikannya sebagai pacar. Singkat kata, Mas Gagah adalah kakak yang super keren dan bias di andalkan.

Namun beberapa bulan ini Gita merasa bingung karena sikap Mas Gagah berubah. Gita merasakan perubahan yang drastis dari Mas Gagah. Mas Gagah yang dulunya menyukai music Scorpio, dewa, kini lebih sering memutar musik nasyid. Mas Gagah yang dahulu sangat memperhatikan penampilan, kini berpenampilan sederhana, jika bukan kemeja lengan panjang, maka baju koko yang dia kenakan. Mas Gagah yang dulu suka guyon dan jalan bersama teman-teman Gita, kita lebih senang ke acara Tabligh akbar atau ceramah umum, Mas Gagah jadi lebih pendiam dan kalaupun berbicara itu hanya tentang agama islam. Pendek kata, mas Gagah yang kini bukanlah Mas Gagah yang Gita kenal dahulu.

Gita yang merasakan perubahan mas Gagah ini, merasa bingung dan jadi sering marah-marah dengan Mas Gagah, meski Mas Gagah tidak pernah marah padanyanya. Setiap kali Gita protes, mas Gagah hanya akan tersenyum dan dengan sabar menjelaskannya pada Gita, bahwa yang dia lakukan sekarang adalah sesuai dengan syariat yang di ajarkan oleh Rasul dan Islam.

Lambat laun, Gita mulai memahami perubahan Mas Gagah, Gita juga mulai membaca buku-buku tentang islam yang dipinjamkan oleh Mas Gagah. Sedikit mengerti tentang syariat, kini Gita kembali dekat dengan Mas Gagah, mereka juga kembali sering keluar dan ngobrol bersama,  meski yang dilakukan dulu dengan sekarang sangat berbeda.

Suatu ketika Mas Gagah menyarankan Gita untuk mengenakan Jilbab, namun Gita menolak dengan alas an akan menghambat kegiatan-kegiatannya. Namun, semakin mendalami islam Gita jadi semakin yakin untuk berhijab hingga dia memutuskan untuk berhijab tepat disaat ulang tahunnya, dan itu akan menjadi kejutan untuk Mas Gagah.

Hari ulang tahun ke 17 Gita tiba, Mas Gagah akan mengisi ceramah dalam acara tasyukuran ulang tahun tersebut, tapi sebelumnya Mas Gagah harus berangkat ke Bogor untuk mengisi suatu acara. Ketika malam tiba, Gita tak sabar menunggu kepulangan Mas Gagah. Gita kini telah mengenakan Jilbab berwarna putih siap menyambut kepulangan mas Gagah. Malam kian larut Mas Gagah belum juga kembali hingga tiba-tiba sebuah telepon mengatakan bahwa Mas Gagah kecelakaan dan kini ada di rumah sakit.

Gita sangat sedih melihat Mas-nya terkapar tak berdaya di tempat tidur RS. Gita mendekat dan mengatakan bahwa dia kini telah mengenakan jilbab, Mas Gagah hanya mampu tersenyum lemah namun masih sempat mengatakan hamdalah dengan sangat tulus. Tak lama, Mas Gagah menghembuskan napas terahirnya.

Seperti itulah kisah ketika Mas Gagah Pergi. Cerita tersebut sangat menginspirasi dan semoga semua yang membaca tulisan ini juga bias mendapatkan hidayah seperti yang didapatkan oleh Gita, tanpa harus mengalami hal-hal pahit dahulu. Amin.




Sinopsis Ketika Mas Gagah Pergi Sinopsis Ketika Mas Gagah Pergi Reviewed by Yuki chan on August 01, 2015 Rating: 5

Press