Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab"


Sinopsis Kisah Islami - Assalamu'alaikum war. Wab. Tema tulisan mimin kali ini adalah Kisah Islami. Sinopsis cerita bertema Islami ini berjudul Masuk Islamnya Umar bin Khatab. Sinopsis kisah Umar bin Khatab yang masuk Islam ini sarat akan hikmah, ilmu dan insyaAllah akan menambah keimanan bagi pembacanya, Allahumma amin. http://sinopsis-resensi.blogspot.com/

Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khatab" - Umar bin Khatab adalah salah seorang sahabat Rasulullah s.a.w. Yang menjadi amirul mukminin setelah Baginda Nabi Muhammada s.a.w dan Abu Bakar As-Sidik. Pada jamannya, Umar bin Khatab adalah seorang tokoh Quraisy yang paling ditakuti. Sebelum memeluk Islam, Umar terkenal dengan kekejiannya dalam menyiksa orang-orang muslim.

Berdasarkan beberapa referensi, diketahui bahwa Umar adalah seorang laki-laki yang mempunyai tubuh yang besar, sehingga ketika Dia menaiki kuda, maka kaki-kakinya (kaki Umar) hampir menyentuh tanah. Singkatnya, Umar memiliki fisik yang membuat musuh musuhnya ciut.

Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khatab", Kisah Islami, Kisah Nyata, Sejarah Islam, Umar, khilafah

Ketika itu kaum Muslim masih lemah, orang-orang yang ketahuan memeluk agama Islam akan disiksa. Melihat penderitaan umatnya, Rasulullah s.a.w. berdoa kepada Allah s.w.t. Agar Allah menjadikan salah satu dari umar, yaitu Umar bin khattab atau Umar bin Amru bin Hisyam sebagai pemeluk Islam. 

Nabi Muhammad berdoa demikian karena mengetahui bahwa kedua Umar tersebut merupakan orang yang disegani, dihormati dan ditakuti oleh kaum Quaraisy. jadi, bila salah satunya merupakan pemeluk Islam, maka insyaAllah Islam akan semakin kuat dan tidak akan ditindas lagi.

Suatu hari, Umar bin Khattab berpikir bahwa seluruh kekacauan yang terjadi di tanah Mekkah disebabkan oleh Muhammad, sehingga terjadi perpecahan, bahkan kerabatx, Ummu Abdillah, berusaha hijrah (saat itu telah turun perintah untuk hijrah ke Madinah), meninggalkan keluarganya hanya karena mengikuti perintah Muhammad. Maka keesokan paginya Umar dengan gusar menghunus pedangnya, dan dia bertekad untuk membunuh Nabi Muhammad s.w.a. Di tengah perjalanan, Umar bertemu salah seorang muslim yang menyembunyikan keIslamannya. Melihat tingkah Umar, muslim ini berusaha mengalihkan perhatian Umar yang sedang menuju rumah Nabi dengan mengatakan bahwa adiknya Umar, Fathimah juga seorang Muslimah. Merasa dikhianati, Umar menuju rumahnya Fathimah dan seorang muslim tadi bergegas mengabarkan kepada Nabi perihal Umar yang hendak membunuhnya.

Singkat cerita, Umar mendapati adiknya dan suaminya sedang membaca Al Quran di dalam rumah mereka. Umar sangat marah. Dia lalu memukul dan menampar adik serta iparnya tersebut. Umar meminta Al Quran yang dibaca oleh adiknya, tapi Fathimah bersikeras untuk tidak menyerahkannya, karena dia menganggap bahwa Umar dalam keadaan kotor sehingga tidak boleh menyentuh kitab Allah yang berisi firman Allah tersebut. Karena penasarannya, Umar pun mandi dan dibolehkan membaca Al Quran, ketika Umar membuka Al Quran, yang pertama kali dibcanya adalah surah Toha ayat 1-11, saat itulah hati Umar dibuka oleh Allah, dia tercerahkan dan mendapat hidayah Allah.

Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khatab", Sejarah Islam, Kisah Nyata, Kisah Islami, Khilafah, Umar

Setelah membaca Surah Toha yang berisi mengenai kisah nabi Musa a.s tersebut, Umar kemudian berjalan menuju ke tempat Nabi Muhammad berada dengan pedang masih terhunus. para Muslim mulai panik mendapati Umar yang datang menghampiri dengan pedangnya yang terhunus, mengetahui kepribadian Umar yang pantang memasukkan kembali pedangnya sebelum niat membunuhnya terlaksana, para kaum Muslimin bersiap untuk perang, bahkan Hamza, paman Nabi yang tentara Islam siap menghadapi Umar dan akan membunuhnya. Namun Nabi Muhammad justru memerintahkan Hamzah untuk dimasukkan ke dalam kamar dan dikunci pintunya agar dia tidak keluar dan mengamuk.

sesampainya Umar ke dalam ruangan dimana Nabi berada, dia berteriak memanggil Muhammad. dengan tenang nabi Muhammad s.a.w menghampiri Umar, lalu dengan sigap Nabi Muhammad memegang pundak Umar sambil berkata "wahai Umar, bukankah sudah saatnya kau untuk beriman dan bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan selain Alla" Nabi mendorong pundak umar dengan keras hingga Umar terduduk dihadapan Rasulullah, dan tanpa perlawanan, Umar pun langsung bersyahadat.

Kaum Muslimin yang menyaksikan berimannya Umar sangat takjub seolah keajaiban telah terjadi, seorang Umar yang sangat keji dan membenci Umat Islam sekarang telah memeluk Islam. serta merta kebahagian meluap dari kalangan muslim dan mereka semua bertakbir "Allahu Akbar". saking bahagianya kaum muslimin atas masuk islamnya Umar bin Hattab, mereka bertakbir dengan sangat keras sehingga bumi mekkah bergema. Kaum non muslim merasa heran dengan takbir yang sangat keras tersebut. Untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan, Nabi Muhammad lalu memerintahkan kaum muslimin untuk bubar sehingga keadaan kembali tenang.

Umar yang kini telah memeluk Islam, tanpa ragu dia lalu mengumumkan keislamannya kepada seluruh penduduk Mekkah melalui seorang tukang gosip. tidak butuh waktu lama seluruh penduduk Mekkah mengetahui keislaman Umar, termasuk Abu Jahal, Umar bin Hisyam. Mengetahui keislaman Umar, banyak dari kaum jahiliayah ingin menyiksa Umar sebagaimana mereka menyiksa kaum muslim yang lainnya, namun Umar yang memiliki kemampuan fisik luar biasa tidak dapat mereka kalahkan, bahkan Umar sendirian dikeroyok oleh sekumpulan orang-orang jahil, namun Umar sama sekali tidak gentar, dia melawan dan mempertahankan keIslamannya dengan bangga.

Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khatab", Kisah Islami, Sejarah Islam, Kisah Nyata, Sahabat Rasulullah, Kisah Sahabat, Umar

Selang beberapa hari Umar masuk Islam, dengan kepribadiannya yang berani dan tegas, Umar mengusulkan kepada Nabi untuk mulai berdakwah secara terang-terangan, tidak usah takut pada kaum yang membenci Islam. maka diputuskan hari itu seluruh kaum Muslimin melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dengan Umar dan Hamzah dikedua sisinya, sehingga tidak ada yang berani mengusik kaum Muslim. untuk diketahui, Umar dan Hamzah merupakan tentara-tentara perang yang berani dan memiliki fisik yang membuat nyali musuhnya menciut.

Demikianlah bila Allah menghendaki maka akan dia beri hidayah kepada siapa-siapa yang dikehendakinya. atas rahmat Allah SWT Umar pun mendapat hidayah dan memeluk Islam, hingga ahirnya dia menjadi salah satu sahabat Rasulullah yang di Jamin masuk Surga karena ketaatanya pada perintah Allah SWT.

Itu dia sepotong kisah tentang sahabat Nabi Muhammad, yang telah mimin rangkum dalam Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab" semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk para pembaca, amin.

sebelum mimin ahirin tulisan ini, yuk kita cermati beberapa pelajaran yang dapat diambil dari Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab" di atas, diantara :
  1. Kita tidak boleh menilai orang lain dari masa lalunya, siapapun bisa saja mendapatkan hidayah dan menjadi hamba Allah yang dirahmati. Seperti halnya Umar bin Hattab, sebelum dia bertobatt, dia adalah seorang pencinta minuman keras dan banyak melakukan dosa-dosa besar, namun setelah bertobat, justru dia menjadi salah satu orang yang dijamin masuk surga.
  2. Jangan malu untuk hijarah ke arah yang lebih baik. Siapa yang bertobat dan memohon ampun, InsyaAllah akan Allah mudahkan jalannya.
  3. Selalu hadapi masalah dengan siap tenang dan kepala dingin, bukan dengan kepanikan dan jangan mudah terpancing emosi. sesungguhnya emosi adalah bisikan Syaitan.
Sekian Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab", bila ada kekeliriuan mohon diluruskan bagi yang mengetahui,, maaf bila masih banyak kekurangan, terima kasih dan wassalam.


Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab" Sinopsis Kisah Islami "Masuk Islamnya Umar bin Khattab" Reviewed by Yuki chan on June 12, 2017 Rating: 5

Press