Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga”


Sinopsis Kisah Islami “4 Wanitadijamin Surga”Assalamu’alaikum War. Wab. Salam Semangat Puasa Saudara Saudari, semoga hingga detik ini kita masih diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa hingga tiba saatnya berbuka nanti, amin. Yap, berhubung sekarang bulan puasa, maka selama sebulan kedepan sinopsis dan resensi kita akan bertema Islami. Dimulai dengan Sinopsis Kisah Islami yang berjudul 4 Wanita yang dijamin Surga. http://sinopsis-resensi.blogspot.com/2017/06/sinopsis-kisah-islami-4-wanita-dijamin-surga.html


Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw., yang diriwayatkan oleh HR. Hakim dan Muslim yang berbunyi “Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulallah SAW, Khadijah binti Khawailid dan Asiyah.” (HR. Hakim dan  Muslim).



Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga”, wanita penghulu surga


Dari sabda Rasulullah tersebut disebutkan empat wanita yang merupakan penghulu bagi wanita lainnya, keempat wanita tersebut merupakan wanita-wanita shalihah yang taat akan perintah Allah SWT sehingga mendapatkan jaminan Surga dari Allah SWT atas keshalihannya. Mendaptakan jaminan Surga tentu diingini oleh semua orang, karenanya patutlah bagi seluruh wanita jaman sekarang untuk menteladani dan mencontohi sikap, perilaku, serta keshalihan dari ke 4 wanita tersebut agar wanita sekarang juga mendapatkan Rahmat dari Allah SWT, serta semoga bisa mengikuti jejak ke 4 wanita dijamin Surga tersebut. Berikut beberapa Hadist yang menceritakan tentang 4 wanita di jamin Surga :

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari berbunyi “Yang sempurna dari kaum laki-laki sangatlah banyak, tetapi yang sempurna dari kaum wanita hanyalah Maryam binti Imran, Asiyah binti Muzahim, Khadijah binti Khuwailid, dan Fatimah binti Muhammad. Sedangkan keutamaan Asiyah atas seluruh wanita adalah seperti keutamaan tsarid (roti yang diremukkan dan direndam dalam kuah) atas segala makanan yang ada”. (HR Bukhari).*
Selain hadist dari Bukhori diatas, ada pula hadist lain yang diriwayatkan oleh Ahmad da Tirmidzi, hadist yang berbicara tentang 4 wanita dijamin Surga tersebut berbunyi “Cukuplah wanita-wanita ini sebagai panutan kalian. Yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah binti Muzahim, istri Fir’aun”. (HR Ahmad dan Tirmidzi).**

Ada pula hadist lain yang diriwayatkan oleh Ahmad yang berisi “Sebaik-baik wanita penduduk Surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiyah istri Fir’aun”. (HR Ahmad)***

Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga” berdasarkan hadis-hadist diatas dapat diuraikan sebagai berikut :


Maryam Binti Imran merupakan Ummul Mikminin, Ibunda bagi seluruh umat muslimin, sepatutnya beliau menjadi contoh dan teladan bagi seluruh wanita di dunia.
“Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata : ‘hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa denganmu).” (QS. : Al-Imran:42).


Asiyah binti Muzahim adalah Ibu angkat dari nabi Musa sekaligus istri dari Raja Mesir yang terkenal dengan kezalimannya, yaitu raja Fir’aun yang bahakan mengaku Tuhan. Asiyah mendapatkan keutaman atas kesabarannya dalam menghadapi suami yang lalim sedang keimanannya kepada  Allah SWT tidak goyah sedikitpun, hingga pada ahir hayatnya, Asiyah memilih untuk mati dibunuh oleh suaminya sendiri Fir’aun dan meninggalkan seluruh kemegahan, kekayaan dan kemuliaan sebagai seorang Ratu, dan memilih mempertahankan keimanannya kepada Allah SWT.

Kisah hidup Asiyah diabadikan oleh Allah dalam Alquran surah Attahrim ayat 11 yang artinya : “Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata : ‘Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim”. (QS. Attahrim:11).


Siapa yang tak kenal Ibunda Khadijah, beliau merupakan istri pertama Nabi Muhammad saw. Beliau adalah wanita pertama yang beriman bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul utusan Allah SWT. Khadijah adalah sosok istri dan Ibu yang harus menjadi contoh bagi seluruh muslimah. Dialah sosok yang selalu setia menemani langkah Rasulullah dalam mendakwahkan agama Allah dengan seluruh waktu, tenaga, serta harta yang dimilikinya.
“Dia (Khadijah) beriman kepadaku disaat orang-orang mengingkari. Ia membenarkanku disaat orang mendustakan. Dan Dia membantuku dengan hartanya ketika orang-orang tiada yang mau”.(HR Ahmad).

4. Fatimah binti Muhammad

Wanita ke 4 yang merupakan penghulu seluruh wanita di dunia sepanjang jaman adalah Fatimah Azzahra, putri kesayangan Rasulullah saw. Fatimah merupakan orang sangat mirip Baginda Nabi Muhammad baik tuturkata, tingkah laku, maupun pembawaannya, seperti sebuah hadist yang diriwatkan oleh Tirmidzi yang berbunyi “Saya tidak pernah melihat seorangpun yangberjalan, tingkah laku, pembicaraan, dan saat berdiri juga duduknya yang sangat mirip dengan Rasulullah selain Fatimah”. (HR Tirmidzi).

Fatimah adalah sosok anak, Istri, ibu, dan wanita terbaik sepanjang jaman. Fatimah adalah panutan bagi seluruh wanita di dunia. Dia adalah contoh untuk menjadi anak yang berbakti, istri yang setia, Ibu yang mendidik, dan wanita yang solehah.

Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga”, wanita sempurna dunia akhirat

Ke 4 wanita dijamin Surga tersebut adalah wanita-wanita yang telah Allah SWT jamin keberadaannya di Surga, tidak diragukan lagi keimanan, ketakwaan serta sehalihannya. Selain itu mereka berempat juga mendapatkan julukan Jamilatul Jamil, yang berarti cantik dari yang tercantik. Merekalah wanita-wanita sempurnah baik lahiriah maupun ruhiyah.
Sekian Sinopsis Kisah Islami “4 Wanitadijamin Surga”. Semoga mengenal ke 4 wanita dijamin Surga tersebut membuka pikiran kita, dan menjadikan kita (wanita-wanita) lebih baik dari sebelumnya, Allahumma amin.

*, **, ***, disadur dari .dakwatuna.com.


Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga” Sinopsis Kisah Islami “4 Wanita dijamin Surga” Reviewed by Yuki chan on June 06, 2017 Rating: 5

Press